Bagaimana Prosedur Terapi Pasca Operasi Katup Jantung

Aktivitas senam pasien operasi katup jantung, sebelum mengikuti rehap di Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita. Foto: Tafenpah.com

Indocaregiv.com - Sekaya, sepintar, secerdas, sehebat, sekuat-kuatnya kita bekerja dan melakukan banyak hal yang kita sukai, pasti ada waktunya kita akan jatuh sakit.

Kerap kali, ketika kita mendengar kata 'Sakit,' tentunya kata tersebut semacam sindrom atau deretan gangguan kecil yang sangat menakutkan. 

Pasalnya, kita semua jika ditakdirkan untuk hanya memiliki satu pilihan, maka kita akan pilih sehat.

Kesehatan memang mahal. Itu lah hal mutlak atau hukum alam yang tidak akan pernah dihindari oleh setiap orang.

Dokter yang tugas utamanya adalah menyembuhkan penyakit apa pun, tidak perlu luput dari sakit.

Perihal kata sakit, rasanya terlalu kompleks ya. Untuk itu, dalam pembahasan ini, kita semua hanya fokuskan pada penyakit jantung.


Apa itu Jantung? 

Jantung adalah organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Apabila jantung mengalami gangguan, peredaran darah dalam tubuh dapat terganggu sehingga menjaga kesehatan jantung sangatlah penting agar terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung.


Setelah kita menyimak bersama tentang pengertian jantung, tentunya masih ada lagi satu jenis penyakit jantung, yakni Katup atau klep jantung.


Apa itu kelainan katup atau klep jantung?

Kelainan klep jantung merupakan penyakit yang terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Katup jantung yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan darah dapat mengarah balik dan sulit keluar dari jantung. Kondisi ini juga dapat menyebabkan terbentuknya lubang kecil pada sekat jantung yang dusebut jantung bocor.


Demikian penjelasan singkat tentang Jantung, berdasarkan penelusuran admin Indocaregiv.com melalui laman RSUD dr. Mohamad Soewandhie.

Lantas, Bagaimana dengan prosedur atau langkah-langkah terapi, pasca melakukan operasi katup jantung?


Berdasarkan pengalaman penulis yang juga adalah seorang Caregivers atau Perawat Lansia, tentu saja saya akan membagikan pengetahuan saya, tentang prosedur terapi pasien operasi katup jantung, seperti di bawah ini:


Pertama-tama kita perlu menggarisbawahi, bahwasannya setiap Rumah Sakit tentunya punya mekanisme atau prosedur tersendiri dalam memberikan terapi kepada pasiennya.


Untuk itu, sejauh pengalaman saya ketika mendamping salah satu pasien operasi katup jantung di Rumah Sakit Harapan Kita (Pusat Jantung Nasional), Slipi, Jakarta Barat, setidaknya ada gambaran atau pengetahuan sederhana yang dapat saya bagikan kepada pembaca budiman.

Di mana, sebut saja nama pasien yang saya rawat/temani selama masa operasi katup jantung adalah Bapak Sandy Arya Susanto Lim.

Beliau adalah kakak kandung dari Ibu Frinda Susanto atau yang akrab disapa Bu Yulisar (istrinya Pak Yulisar Khait).

Yang biasanya berobat atau pernah melihat dan membaca seputar grup bisnis, Hermina Hospitals, tentunya tahu kan, sosok mereka.

Okey, perihal prosedur terapi pasien operasi katup jantung, kurang lebih seperti di bawah ini:


1. Setelah pasien mendapatkan rekomendasi dari Dokter Spesialis jantung atau ahli Kardiologi, selanjutnya pasien dan pihak keluarganya akan mengikuti terapi di Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta Barat.


2. Pasien dan keluarganya ikut mendaftar program terapi di Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita 


- Untuk diketahui bersama, program terapi juga dibedakan berdasarkan kelas BPJS dan Mandiri

- Untuk jalur terapi mandiri, biasnya mengambil paket dan kisaran harga dapat disesuaikan dengan budget pasien.

3. Setelah pasien menyelesaikan administrasi rehap atau terapi, pasien akan diarahkan oleh petugas untuk menuju 'ruang pemeriksaan.'

4. Pasien juga akan bertemu dengan Dokter di ruang konsultasi

5. Pasien berkonsultasi lanjut dengan Dokter Psikolog


Pertemuan dengan Dokter Psikolog adalah jalan penentu, apakah status pasien benar-benar dalam keadaan fit untuk memulai hari pertama rehap ataukah pasien tidak bisa melakukan aktivitas rehap, karena pertimbangan beberapa hal terkait kesehatan pasien.

Demikian ulasan singkat dari admin Indocaregiv.com



Posting Komentar untuk "Bagaimana Prosedur Terapi Pasca Operasi Katup Jantung"